8 Macam Soft Skill yang Harus Kamu Miliki

Mengawali hari pertama dari bulan Desember, sepatutnya bagi kita semua untuk mengawalinya dengan penuh rasa syukur, karena kita masih diberikan kesempatan untuk menjalani kehidupan dengan keadaan sehat wal afiyat.
Menjalani kehidupan, tidak akan pernah terlepas dari dua keterampilan hidup. Keterampilan hidup yang sering kita dengar adalah hard skill dan soft skill. Hard skill bisa dikatakan sebagai keterampilan bersifat teknis sesuai dengan pekerjaan atau profesi yang digeluti. Sedangkan soft skill berupa keterampilan yang terkait dengan pemikiran, sikap dan mental.
Setiap orang diyakini memiliki kemampuan untuk mengasah hard skill masing-masing. Hal ini bisa kita lihat adanya orang-orang yang kuat dalam bekerja dan seterusnya. Namun, kemampuan mengasah soft skill setiap orang cenderung memiliki perbedaan. Bahkan, antara kakak dan adik pun memiliki soft skill yang berbeda.
Saat kita berada di tempat yang sama, dengan pekerjaan yang serupa, tentunya masing-masing kita bisa mengerjakannya sesuai dengan apa yang diharapkan. Akan tetapi suasananya akan berbeda, bila mana saat kita berada di tempat yang sama, namun dengan masalah yang berbeda. Pada waktu itu akan nampak bagaimana soft skill kita bertindak. Apakah kita mampu meredamnya, ataukah kita justru terjerumus ke dalam jebakan tersebut.
Mengasah kemampuan bekerja memang patut dilakukan, namun kita juga perlu terus memompa keterampilan kita dalam mengatur keadaan sikap, mental maupun pemikiran. Dalam dunia kerja pun tak luput dari kedua hal di atas. Memang, yang diinginkan oleh pihak perusahaan adalah menyaring pekerja yang profesional tapi di sisi lain perusahaan juga menginginkan pegawai yang baik kelakuannya. Tentu akan sangat mengkhawatirkan jika ada pegawai yang sikapnya layaknya orang gila.

Mengasah soft skill yang bagus sebaiknya tidak diperuntukkan agar bisa dipekerjakan oleh perusahaan, tidak!. Namun bagaimana agar soft skill itu menjadi keterampilan alami bagi diri kita sendiri, sehingga kita bisa diterima oleh siapapun. Oleh karena itu, di sini ane ingin ngesahare tentang soft skill yang mesti kita miliki dan terus diasah setiap hari. Berikut ini adalah 8 macam soft skill yang semestinya ada pada diri kita, cekidot:
1.      Mempunyai kemampuan public speaking
2.      Mampu menulis dengan baik
3.      Dapat berpikir kreatif
4.      Bertindak sebagai problem solver
5.      Mampu beradaptasi dengan lingkungan
6.      Memiliki kemampuan team working
7.      Manajemen waktu yang baik
8.      Memperhatikan hal-hal kecil
Sobat, kedelapan macam soft skill di atas akan ane bahas one by one pada kesempatan selanjutnya. Sehingga jangan sampai ketinggalan perkembangannya ya Sobat. So, makin banyak ilmu, makin banyak tahu.
Kastolani
Kastolani

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

1 komentar:

  1. wah kauaknya masih ada yang belum lakuin nih dari saran yang diatas

    BalasHapus