Dapur Bersih Minimalis Modern

Oleh:   Kastolani Kastolani   |   11/29/2016 10:55:00 PM
Dapur secara umum dikenal sebagai tempat melakukan aktivitas mengolah bahan makanan atau memasak. Seiring berkembangnya budaya dan teknologi, bentuk dapur saat ini sudah sangat beragam. Kalau dahulu kita biasa melihat letak dapur selalu berada di bagian belakang rumah, sekarang dapur sudah ditempatkan berada di dekat ruang keluarga ataupun meja makan dan didesain minimalis modern.
Dapur minimalis modern memiliki keindahan tersendiri karena memiliki konsep bersih dan indah, sehingga dapat menambah kenyamanan dan minat untuk memasak. Untuk sebagian orang, dapur minimalis modern dijadikan sebagai gaya hidup baru dan bentuk pemanfaatan ruang yang ada dalam rumah.
Membuat dapur bersih minimalis modern akan mempengaruhi mood seseorang untuk memasak. Semakin bersih maka semakin nyaman. Hal lain untuk menunjang mood memasak adalah dengan meletakkan perabotan memasak yang sesuai. Jangan sampai nanti Sobat meletakkan perabotan memasak jauh dari dapurnya ya.
Mempercantik tampilan dapur minimalis juga bisa memberikan suasana dan daya tarik untuk selalu dekat dengan dapur. Hal penting yang tidak boleh ditinggalkan adalah pemberian sirkulasi udara agar asap yang dihasilkan saat memasak dapat keluar, tidak mengepul di dalam rumah hingga mengganggu indera penciuman kita.
Guna dapur bersih minimalis modern tetap terjaga, terdapat tips-tips yang bisa dilakukan sebagai berikut:
1.      Penggunaan kitchen set yang bijak
Kadang-kadang, dengan banyaknya jumlah kitchen set yang tersedia di dapur, membuat kita jadi kebingungan untuk mengatur dan menata dapur agar terjaga kerapian dan kebersihannya.
2.      Menyimpan peralatan dapur sesuai dengan urutan
Aktivitas yang dilakukan di dapur itu beragam, sehingga terkadang harus mengambil peralatan dapur ini dan itu. Agar dapat menghemat waktu dan menjaga kerapian dapur, maka kita bisa meneletakkan berbagai benda dengan urutan. Misalnya meletakkan bumbu-bumbu masak berada di dekat kompor, dan sebagainya.
3.      Mencuci peralatan masak yang digunakan dengan segera
Setelah memasak, hendaknya peralatan dapur yang digunakan untuk langsung dicuci. Kebiasaan menumpuk peralatan masak yang kotor sebenarnya kurang baik, karena disanalah tempat yang paling disukai oleh bakteri untuk hinggap lalu berkembang biak. Menggunakan sabun pencuci Sunlight dipercaya dapat mengatasi bakteri yang menempel di peralatan masak yang kotor, dan menjadikannya bersih tanpa noda.
4.      Menempatkan kembali peralatan dapur
Penempatan peralatan dapur yang semrawut tentunya akan membuat kita bosan untuk ke dapur karena dapur tidak enak untuk dipandang.
5.      Rutin membersihkan dapur setiap hari
Pada tingkat modern apapun dapur yang dimiliki, namun terlihat kotor, pasti akan mengakibatkan kita malas untuk ke dapur. Adapun dapur yang nampak bersih kinclong, seakan-akan dapur itu terus memanggil-manggil kita untuk selalu memasak.

Tampilkan Komentar