Penyebab Tifus yang Harus Kamu Ketahui

Oleh:   Kastolani Kastolani   |   11/30/2016 10:20:00 PM
Kesehatan merupakan pilar penting dalam menjalankan segala aktivitas sehari-hari. Tidak dapat disangkal lagi bahwa ketiadaan kesehatan akan sangat mengganggu apapun yang ingin dikerjakan. Oleh karena itu, menjaga tubuh agar tetap dalam keadaan sehat merupakan suatu kemutlakan untuk dilakukan.
Kebiasaan dalam membiarkan gejala-gejala tubuh yang timbul begitu saja, mengakibatkan mudahnya bakteri masuk ke dalam tubuh yang selanjutnya menjadikan tubuh terserang penyakit, lalu tubuh terasa lemah, mual bahkan muntah-muntah.
Tahukah Sobat, ternyata di Indonesia penyakit yang paling sering dialami adalah penyakit tifus. Hal ini kemungkinan didasari oleh kurangnya pemahaman terhadap gejala dan tanda yang dialami oleh penderita tifus.
Penyebab tifus adalah berhasilnya bakteri Salmonella Typhi masuk ke dalam tubuh. Tifus dapat menyerang siapa saja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa, namun anak-anak dan remaja yang lebih rentan terkena penyakit ini. Hal ini disebabkan oleh kekebalan tubuh yang belum sempurna.
Ketika ada seseorang yang sedang terkena tifus, maka hendaknya ia segera mengobatinya, tanpa menunda-nunda karena dikhawatirkan tifusnya akan menjadi semakin parah. Langkah awal yang bisa ditempuh adalah pemberian antibiotik, atau langsung saja berkonsultasi dengan dokter dalam proses penanganannya.
Sikap menunda pengobatan dikhawatirkan dapat membahayakan orang yang ada di sekitar penderita tifus juga. Sebagaimana dalam dunia medis, tifus merupakan penyakit yang dapat menular. Proses penularan bakteri ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantara media penularnya adalah penggunaan air yang terkontaminasi dengan bakteri Salmonella Typhi. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka perlu dilakukan suatu sistem sanitasi yang tepat.
Gejala yang dialami penderita tifus, dapat diketahui melalui bermacam cara, seperti demam atau badan panas hingga suhu 40 celcius, badan terasa pegal-pegal, sakit kepala, lemas, hilangnya nafsu makan, dan terasa mual serta ingin muntah. Selain itu, tifus juga dapat diketahui dengan melihat lidah, dimana pada bagian tengah lidah berwarna putih sedangkan samping kanan dan kiri nampak merah.
Penggunaan sistem sanitasi yang tepat tentunya akan meminimalisir masuknya bakteri ke dalam air yang digunakan sehari-hari, sehingga salah satu pintu penyebab tifus bisa diatasi. Kemudian menjaga kebersihan diri, baik itu kebersihan tubuh maupun tangan juga perlu diperhatikan, karena banyak sekali benda-benda yang disentuh setiap harinya.
Dalam menjaga setiap bagian tubuh agar tetap dalam keadaan bersih, maka Sobat bisa menggunakan sabun Lifebuoy sebagai pembersihnya, karena memang sudah terbukti secara klinis mampu membunuh kuman maupun bakteri yang menempel.

Tampilkan Komentar