Rutin Berolahraga sebagai Gaya Hidup

Oleh:   Kastolani Kastolani   |   11/12/2016 10:09:00 PM
Dear Sobat,
Sum3a.com. Pada zaman sekarang ini, tak dapat dipungkiri lagi bahwa kegiatan berolahraga sudah menjadi tren masa kini. Untuk sebagian orang, olahraga sudah dianggap sebagai gaya hidup bagi mereka. Minat masyarakat terhadap olahraga dirasa telah menjamur di seantero bumi, termasuk di Indonesia. Sehingga sudah sangat mudah ditemukan tempat untuk melakukan kegiatan berolahraga seperti tempat gym maupun fitnes dan lain sebagainya.
Photoright: www.bcoffee.sejagat.com
Berbagai macam alasan diungkapkan oleh masyarakat mengapa mereka ingin berolahraga. Ada sebagian orang berolahraga untuk menyegarkan pikiran dari beban pekerjaan, ada pula untuk menjadi atlet profesional, atau hanya sekedar untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat.
Melalui aktivitas berolahraga, ternyata dapat membuat postur tubuh kita menjadi lebih ideal. Mempunyai postur tubuh yang ideal pada dasarnya menjadi suatu impian yang diidamkan oleh mayoritas masyarakat. Postur tubuh sangat dipengaruhi oleh bagaimana cara kita memperlakukan tubuh dalam kehidupan sehari-hari, baik itu saat kita sedang berdiri, berjalan, duduk, maupun tidur.
Mengubah pola atau gaya hidup sehat merupakan suatu jalan kemutlakan yang harus ditempuh bagi siapapun yang ingin mendapatkan tubuh yang ideal. Mengapa hal ini harus ditempuh terlebih dahulu? Karena pada umumnya kebiasaan masyarakat sering memasukkan makanan dan minuman secara terus-menerus, akan tetapi malas dalam berolahraga. Oleh karena itu, jika ada di antara Sobat yang mau mendapatkan tubuh ideal, tentu Sobat harus rela mengorbankan aktivitas makan dan minum untuk dibatasi. Adapun makanan dan minuman yang dikonsumsi hanya dijadikan sebagai bentuk pemenuhan kalori per hari, tidak lagi dijadikan sebagai kebiasaan. 
Manfaat berolahraga sangat luas, tidak sekedar untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Menjadikan olahraga sebagai gaya hidup sangat berguna bagi tubuh kita. Berikut adalah beberapa manfaat berolahraga yang penting untuk kita ketahui bersama:
1.   Menangkal berbagai penyakit
Berolahraga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi kadar trigliserida. Kedua hal tersebut mampu membantu kita menjaga kesehatan jantung dan memperlancar aliran darah di tubuh. 
2.   Mengontrol berat badan
Melakukan aktivitas berolahraga secara rutin akan dapat membantu kita dalam menjaga berat badan serta mencegah dari penambahan berat badan. Aktifitas berolahraga yang diterapkan tidak mengharuskan kita untuk berolahraga berat. Bagi ibu rumah tangga, aktivitas berolahraga dapat dijalani melalui naik turun tangga atau denga membersihkan rumah.
3.   Meningkatkan jumlah energi
Berolahraga rutin mampu meningkatkan asupan suplai oksigen dan nutrisi ke dalam jaringan tubuh, serta membantu dalam menjaga aktivitas jatung kita. Jika jantung dan paru-paru kita bekerja secara optimal, maka kita tidak akan mudah merasa lelah.
4.   Menjadikan tidur lebih nyenyak
Melakukan olahraga secara rutin mampu membuat kita tidur lebih mudah dan lelap. Lihatlah kuli bangunan sebagai contohnya, mereka bisa tidur lelap di udara terbuka dan berada di tengah keramaian orang. Hal ini terjadi karena mereka terus-menerus melakukan kegiatan fisik. Kualitas tidur yang baik akan meningkatkan konsentrasi, produktivitas dan kualitas emosi kita. Akan tetapi, janganlah kita berolahraga terlalu dekat dengan jarak waktu tidur kita, karena dapat membuat kita sulit tidur.
5.   Mengontrol mood
Kegiatan fisik saat berolahraga mampu merangsang berbagai zat kimia dalam otak yang akan membuat kita merasa lebih bahagia dan rileks. Kita pun juga akan merasa lebih bugar, terhindar dari depresi dan lebih percaya diri. 
Melihat berbagai manfaat dari berolahraga, ayo Sobat, kita memulai gaya hidup yang baru, di mana olahraga secara rutin dijadikan sebagai salah satu gaya hidup kita.


Terus ikuti postingan kita selanjutnya ya Sobat….

Tampilkan Komentar