Skripsi, Siapa Takut!

Oleh:   Kastolani Kastolani   |   11/22/2016 04:14:00 PM
Dear Sobat,
Sum3a.com. Skripsi, ya itulah satu kata yang menakutkan bagi segelintir mahasiswa yang sering teledor terhadap perkuliahnya. Tapi, tidak sepenuhnya begitu sih. Buktinya ada juga mahasiswa yang rajin kuliah dan jarang absen masuk kelas, tapi dia merasa merinding saat mendengar tugas pamungkas dari perkuliahan ini.
Image by: http://arryrahmawan.net/
Ketakutan yang berlebih ini kemungkinan dipengaruhi oleh berbagai macam sebab, seperti bingung menentukan judul yang akan diajukan, takut dengan dosen pembimbing yang ‘killer’, atau tidak tahu apa yang harus dijadikan sebagai penelitian.
Nah, kebingungan ini harus cepat-cepat dituntaskan sebelum penyakit malas datang lalu merayapi pikiran hingga skripsi tidak dikerjakan sama sekali. Ada yang bilang kalau satu hari menunda skripsi itu sama saja dengan menunda satu hari pernikahan kita. Ciyee yang mau nikah cepet tapi skripsinya belum kelar, mending selesaikan dulu ya, ketimbang nanti pas akad nikahnya sambil mikirin skripsi, hehe .…
Di sini ane bukannya sok ngajarin atau gimana sob, ane pun sekarang masih mau menjalani masa-masa memikirkan kitab sucinya mahasiswa yaitu skripsi. It’s just an information for us, okay. Nah, sekarang gimana caranya biar skripsi ini cepat dan lebih mudah kita kerjakan? Ane punya kiat-kiatnya nih.
·         Niat mau mengerjakan
Niat ini harus menjadi pondasi awal dalam mengerjakan sesuatu, apalagi skripsi. Bagi Sobat yang sedang setengah-setengah mengerjakan skripsinya, ayo bulatkan tekadnya sekarang.
·         Yakin kalo kita bisa
Keyakinan yang menyala-nyala dalam diri dalam mengerjakan sesuatu, pasti akan senantiasa mendorong apa yang ingin kita lakukan, begitu pula skripsi.
·         Minta doain sama orangtua kita
Doa orangtua itu katanya lebih mudah diterima, nah hal ini bisa menjadi suatu motivasi bagi kita untuk memuluskan jalan untuk mengerjakan tugas akhir ini. Jangan sampai lupa minta doakan sama mereka ya.
·         Mencari judul penelitian yang bisa buat kita tertarik mengerjakan
Menentukan judul yang asal-asalan, ditakutkan bisa menjadi momok tersendiri. Hal ini disebabkan ketidakmengertian kita terhadap judul penelitian yang kita tulis, pada akhirnya kita merasa bingung memulainya dari mana.
·         Referensi mudah ditemukan
Jangan bikin judul skripsi yang aneh kedengarannya, hingga nantinya kita kebingungan mencari rujukan yang ingin digunakan. Kata dosen ane, semakin banyak referensi yang digunakan, semakin cakep lho skripsinya.
·         Menentukan metode penelitian yang kita pahami
Tentunya sudah tahu dong, adanya metode adalah untuk membantu langkah-langkah yang ingin kita terapkan dalam penelitian.
·         Memilih dosen pembimbing yang klop
Pilihlah dosen yang tidak cuma akrab sama kita, tapi juga kompeten dengan judul yang kita pegang.
·         Menentukan target
Biar skripsinya ga molor, ditulis aja target skripsi yang ingin dicapai setiap harinya.
·         Rajin & konsisten mengerjakannya
Mengerjakan skripsi sedikit demi sedikit itu lebih baik dari pada mengerjakannya dengan sistem kebut semalam langsung selesai.
·         Mengurangi kebiasaan santai-santai
Biar cepet lulus kuliahnya, hendaknya kita sering-sering kumpul bareng teman yang ingin cepat lulus juga dan jangan sungkan untuk bertanya maupun sharing kepada kakak tingkat yang sudah lulus atau dengan teman yang lebih mengerti ya.
·         Menentukan poin-poin yang akan dikonsultasikan dengan dosen pembimbing
Jangan sampai kita minta janjian sama dosen pembimbing mau konsultasi tapi belum ada bahan yang ingin dibicarakan ya. Bisa-bisa nanti dosennya ngambek loh.
·         Rajin mendatangi teman yang sedang wisuda dan kunjungi undangan pernikahan
Dua hal ini bisa menjadi penunjang agar kita terus termotivasi mengerjakan skripsi. Tentunya bisa wisuda dan menikah itu hal yang menyenangkan bukan….hehe.

Kiranya ini dulu yang bisa ane bagikan buat kita semua Sobat. Jangan bosan terus mengikuti perkembangan postingan sum3a.com selanjutnya yah.  

Tampilkan Komentar