Tips Supaya Olahraga Jadi Lebih Semangat

Oleh:   Kastolani Kastolani   |   11/24/2016 04:40:00 AM
Sum3a.com. Semakin sibuk seseorang, maka semakin sedikit waktu yang dimiliki untuk bersantai. Bahkan untuk melakukan olahraga secara teratur juga sangat sulit untuk dilaksanakan. Ada banyak sekali alasan kenapa seseorang tak bisa melakuan olahraga secara teratur, selain tak punya waktu, namun ternyata lebih banyak orang yang tak bisa melakukan olahraga itu karena kurang motivasi.
Jangan sepelekan motivasi, sebab adanya motivasi untuk berolahraga memegang peranan penting untuk kontinyuitas olahraga yang akan kita lakukan. Kemudian bagaimana cara untuk menumbuhkan motivasi olahraga yang kuat? Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, antara lain sebagai berikut ini :
1.      Olahraga sambil mendengarkan musik
Salah satu alasan yang membuat malas olahraga adalah rasa sakit saat olahraga. Tetapi menurut para ilmuwan yang berasal dari McGill University di Kanada telah membuktikan bahwa dengan mendengarkan musik saat melakukan olahraga, ternyata bisa mengurangi sensitivitas otot tubuh terhadap rasa nyeri yang mengganggu itu.
Bahkan dalam penelitian lain disebutkan bahwa denyut jantung jadi lebih cepat saat mendengarkan musik sambil berolahraga, hal itu berarti efeknya jauh lebih baik untuk metabolisme tubuh. Tapi usahakan jangan mendengarkan musik via ponsel, karena saat masuk notifikasi pesan, mood akan buyar seketika dan merusak ritme olahraga.
2.      Disesuaikan dengan siklus mens bulanan
Khusus untuk wanita, siklus haid ternyata memiliki pengaruh besar dalam performa olahraga. Sebab energi dari hasil pembakaran lemak lebih banyak dihasilkan saat hormon esterogen dan hormon progesteron tengah berada di level yang paling tinggi. Hal itu juga yang membuat siklus menstruasi memiliki pengaruh yang sangat besar dengan motivasi dan performa saat olahraga.
3.      Meminum kopi
Siapa yang menyangka meminum kopi saja bisa menghasilkan motivasi olahraga yang tinggi? Tapi sebelumnya ketahui dulu bahwa minum kopi bisa meningkatkan pembakaran kalori 15 lebih efektif, bahkan sampai 3 jam pasca olahraga. Selain itu efek kafein juga menurunkan rasa nyeri di otot.
4.      Koleksi perlengkapan olahraga
Olahraga dengan mengenakan setelan olahraga dari Nike atau Adidas, dari ujung kaki sampai ujung kepala, diakui atau tidak akan menjadi motivasi yang sangat besar untuk tetap semangat melakukan olahraga. Sayang dong, kalau setelan sudah oke tapi semangat olahraganya melempem.
Untuk mendapatkan setelan olahraga dari merk kenamaan, sudah tentu harus menyiapkan bujetnya juga, kan? Maka karena itu, sebaiknya kita menyiapkan dana khusus untuk melengkapi perlengkapan olahraga. Tetapi, belanja di momen Hari Belanja Nasional 2016 bisa jadi pilihan yang paling tepat, momen tersebut dimeriahkan dengan diskon akhir tahun yang luar biasa dan promo lainnya yang juga akan memanjakan pecinta belanja. Jadi, kenapa tidak manfaatkan momen spesial ini untuk dapatkan semua perlengkapan olahraga dan buat motivasi olahraga kita semakin kuat.

Tampilkan Komentar