(1) Miliki Kemampuan Public Speaking yang Baik

Sobat mungkin bertanya-tanya, mengapa kemampuan berbicara di depan umum atau bahasa kerennya public speaking harus dimiliki oleh setiap insan. Bukankah kemampuan berbicara umum itu hanya diperlukan oleh pemuka-pemuka layaknya presiden, gubernur, ustadz, kepala sekolah dan sebagainya, kalau orang-orang biasa tidak perlu memiliki kemampuan tersebut. Hmm, apakah perumpamaan tersebut pernah terbesit di benak Sobat? Semoga saja tidak ya.
Percaya maupun tidak, kehidupan yang kita jalani pastinya akan bertemu berbagai macam orang. Tidak mungkin jika setiap harinya kita hanya akan bertemu dengan orang yang kita kenal, bukan begitu Sobat? Mesti ada saja orang-orang baru yang akan kita hadapi. Kemampuan berbicara di depan umum yang kurang dilatih, terkadang saat berbicara akan membuat seseorang terlihat gugup dan gagap.
Apa yang Sobat rasakan di kala melihat seorang orator terkenal sedang berbicara di depan umum? Setidaknya Sobat merasa percaya diri dan termotivasi kan. Nah, coba tanyakan kepada hati kecil kita, mengapa kita juga tak menjadi seperti orator tersebut ya. Apakah karena gugup? Tidak, orator itu pun juga pernah gugup. Apakah karena tidak mampu berbicara di depan umum? Ah tidak, itu karena kita saja yang mau mengasahnya. Apa ada alasan lain yang menjadikan Sobat tidak mau melatih kemampuan tersebut?
Meningkatkan keterampilan berbicara memiliki banyak kemampuan lho Sobat. Coba deh, Sobat lihat seorang orator terkenal, saat dia berbicara memiliki kharisma, mampu mempengaruhi orang lain, mampu berpikir kritis dan memiliki jaringan komunikasi yang kemana-mana.
Melatih keterampilan berbicara memerlukan kesungguhan. Sobat jangan down mentalnya saat salam dalam berbicara di depan umum, justru jadikan itu sebagai pembelajaran untuk hari depan. Sobat harus banyak membaca, agar materi yang Sobat bicarakan terus tersedia. Sobat juga harus melatih bagaimana karakter bicara Sobat saat di depan umum. Sulit bukan Sobat? Ya memang. Akan tetapi, saat Sobat sudah menguasainya, it’s amazing bro!
Lihatlah Sobat orang yang sudah menguasai public speaking dengan baik, dia terlihat profesional di bidangnya, dia mampu mempengaruhi pikiran orang lain hingga membawanya ke arah yang dia inginkan. Selain itu dia juga nampak percaya diri saat berbicara, dan seolah-olah apa yang dia bicarakan tidak ada putusnya, hingga waktu habis tak terasa. Kemudian lihatlah, berapa banyak dia memiliki rekan-rekan dari berbagai macam bidang, pada awalnya dia pun tidak mengenalnya. Namun, karena kemampuan berbicaranya, dia diakui oleh orang penting. Maka apakah hal ini tidak memikat hati kita untuk seperti dirinya juga Sobat?
Kastolani
Kastolani

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar