Demi Keselamatan Diri dan Anak, Lakukan Pemahaman Alergi Berikut!

Dalam kehidupan manusia, gangguan kesehatan bisa terjadi pada siapa saja. Tak ada orang yang kebal terhadap gangguan kesehatan, apalagi jika ternyata yang menjadi penyebabnya adalah sistem imunitas sendiri yang bermasalah. Inilah yang terjadi pada orang yang mengalami alergi. Gangguan kesehatan ini sering terjadi pada banyak orang, apalagi anak-anak. Tapi ternyata pemahaman alergi sendiri masih belum terlalu banyak yang tahu.
Alergi adalah reaksi dari sistem kekebalan tubuh yang berlebihan terhadap substansi yang masuk ke tubuh, meskipun substansi tersebut normalnya tak berbahaya untuk manusia. Substansi yang memicu alergi ini bisa hanya satu saja atau beberapa sekaligus, dan disebut dengan allergen/antigen. Secara umumnya, reaksi alergi dibagi dua, yaitu:
·         Reaksi cepat, berlangsung segera karena terjadi lewat darah. Reaksi alergi ini terjadi dalam waktu berapa menit saja setelah kontak dengan allergen.
·         Reaksi lambat yang berlangsung lewat sel. Reaksi ini tidak langsung, alias perlu beberapa jam.
Gejala yang terjadi sangat bermacam-macam, dan tiap orang memiliki reaksi berbeda. Ada yang bereaksi ringan, dan ada yang fatal karena kontak sedikit saja. Makanya, kenali dulu reaksi alergi ini:
1.      Gatal-gatal
Anda bisa saja mengalami gatal-gatal di kulit sekitar mulut maupun di kulit tangan Anda. Gatal-gatal ini bisa dari kadar yang hanya sekedar merah-merah saja, sampai yang bentol-bentol dan kulit menjadi biduran.
2.      Gangguan pernapasan
Bisa jadi juga, reaksi alergi Anda adalah sesak napas, napas menjadi mengi, dada terasa sesak, dan yang paling berbahaya, tenggorokan bisa membengkak dan membuat udara tak bisa keluar atau masuk, membuat Anda tercekik.
3.      Gangguan pencernaan
Anda juga bisa saja mengalami sakit perut seperti diare dan muntah-muntah, atau justru mengalami konstipasi karenanya.
Karena alergi ini bisa saja berakibat fatal, pemahaman jenis alergi sangatlah penting. Bagi anak-anak terutama, yang sering mengalami alergi susu. Mencari makanan pengganti dan menghindari allergen sangatlah penting. Anak Anda yang memiliki alergi susu bisa menggunakan Susu SGM Soya untuk menjadi alternatif susu sapi. Sementara untuk jenis alergi lainnya, seperti alergi serbuk sari maupun obat, menghindari allergen adalah hal paling bijak yang bisa dilakukan.
Kastolani
Kastolani

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

2 komentar: