Booking Hotel Tanpa Kartu Kredit, Mengapa Tidak?

Memesan kamar melalui agen travel online kini semakin mudah. Sudah merupakan hal yang wajib bagi agen travel untuk mengembangkan aplikasi mobile. Kehadiran aplikasi mobile akan memudahkan pelanggan dalam mengakses fitur-fitur unggulan agen travel online, langsung dari layar smartphone. Jadi tidak perlu repot-repot ke warnet atau menyalakan komputer di rumah, booking hotel bisa dilakukan di mana saja.
Untuk urusan pembayaran, kini pelanggan juga tidak perlu lagi bingung mencari pinjaman kartu kredit. Agen-agen travel online, seperti Traveloka, semakin berinovasi untuk memanjakan para pelanggan, salah satunya dengan meningkatkan metode pembayaran.
Bila dulu transaksi booking hotel atau pemesanan tiket pesawat hanya bisa dilakukan memakai kartu kredit, kini tidak lagi. Berbagai alternatif pembayaran telah tersedia, Anda tinggal memilih yang paling cocok. Cukup dengan memilih salah satu di antara cara-cara berikut ini:
1.     Transfer Bank
Source: Steven Lilley - flickr.com
Tentunya Anda sudah mengetahui bagaimana cara melakukan transfer dari rekening bank. Metode ini umum digunakan pada bisnis online karena hampir semua pelanggan bisa mengaksesnya dengan mudah. Caranya dengan pergi ke kantor cabang bank terdekat, mengisi lembar transfer, dan menyerahkan sejumlah nominal dana yang dikehendaki. Kemudian pihak bank akan memindahkan dana Anda ke rekening tujuan.
Seiring perkembangan dunia perbankan, hal tersebut sudah mulai ditinggalkan. Kini hampir semua bank telah memiliki fasilitas mobile banking. Tentu saja proses transfer menjadi semakin mudah. Nasabah tidak perlu repot-repot pergi ke kantor cabang. Anda bisa melakukan transaksi di mana saja, asalkan terhubung dengan koneksi internet.
2.     ATM
Source: redspotted - flickr.com
Sebagian besar transaksi keuangan di Indonesia masih memanfaatkan fasilitas dari Bank BCA, Mandiri, BNI, atau BRI. Jarang ditemui transaksi online menggunakan bank lain. Jika ada, pasti persentasenya sedikit. Termasuk dalam transaksi pembayaran tiket atau booking hotel online.
Metode ATM ini berguna bagi Anda yang memiliki rekening selain yang diminta oleh agen travel. Anda cukup mencari ATM terintegrasi (ATM Bersama, ATM Prima, atau Alto). Tapi sebelumnya Anda harus tahu, apakah bank Anda terdaftar dalam ATM gabungan tersebut.
Jika bank Anda ada dalam daftar, barulah Anda bisa melakukan transaksi. Biasanya saat mem-booking hotel, agen akan menjelaskan langkah-langkah pembayaran. Anda cukup mengikuti instruksi tersebut. Agen travel akan mengonfirmasi jika langkah-langkah pembayaran yang Anda lakukan sudah benar.
3.     Indomaret
Source: baka_neko_baka - flickr.com
Agen travel tentunya memiliki jaringan luas, baik rekanan vendor maupun dalam   hal transaksi pembayarannya. Seperti Traveloka, agen travel online yang satu ini juga menggandeng gerai minimarket waralaba terkemuka, yaitu Indomaret.
Anda yang tidak menjadi nasabah di bank mana pun, masih bisa bertransaksi dengan Traveloka. Caranya adalah dengan memilih metode pembayaran tunai lewat Indomaret.
Jika Anda memilih metode pembayaran ini, Traveloka akan memberikan instruksi lengkap yang harus diikuti. Pihak agen akan menunggu konfirmasi Anda maksimal 1 x 24 jam sebelum waktu keberangkatan atau check in.
Konfirmasi pembayaran Anda segera. Dalam waktu singkat, pihak Traveloka akan mengirimkan konfirmasi ulang melalui email. Mereka juga akan menyertakan tiket pesawat online, atau bukti pemesanan kamar hotel yang telah dibayar. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Anda harus menghubungi customer service Traveloka yang siap siaga selama 24 jam.
4.     Direct Debit
Source: DeclanTM
Mungkin masih banyak orang yang belum familier dengan istilah ini. Direct debit merupakan alat pembayaran online yang sumber dananya bisa berasal dari rekening bank maupun kartu kredit.
Beberapa bank telah meluncurkan produk direct debit. Di antaranya Mandiri Debit dan Mandiri Clickpay, BCA Klikpay, CIMB Click, dan lain sebagainya. 
Caranya mudah. Pertama-tama, pastikan agen travel online adalah rekanan dari bank Anda. Setelah memilih-milih kamar, pesan menggunakan metode pembayaran direct debit. Anda akan dibawa ke halaman direct debit bank dan diinstruksikan untuk memilih sumber dana. Transaksi pun bisa dilakukan dengan cepat.
Mirip dengan metode transfer rekening, direct debit menggunakan fasilitas dari bank secara langsung. Jadi Anda tidak harus melakukan konfirmasi pembayaran kepada pihak agen travel. Pihak bank sendiri yang akan mengonfirmasi pembayaran secara otomatis.
Bagaimana? Apakah Anda masih merasa kesulitan dengan pilihan cara-cara di atas? Berbagai fasilitas telah tersedia, Anda hanya tinggal memilih yang paling sesuai. Semua metode tersebut dikembangkan demi kenyamanan Anda dalam bertransaksi. Jadi, selamat mencoba.
Kastolani
Kastolani

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

2 komentar: