Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Oleh:   Kastolani Kastolani   |   3/08/2017 11:24:00 AM
Setiap orangtua pasti menginginkan bayinya tetap dalam keadaan sehat terawat. Namun, terkadang ada saja penyakit yang hinggap kepadanya, ini tidak terlepas dari masih lemahnya kekebalan tubuh si bayi itu sendiri.
falony.com
Penyakit yang kerap kali menyerang pada bayi adalah pilek. Pilek dikenal sebagai salah satu masalah kesehatan ringan, namun akan menjadi masalah besar jika terjadi pada bayi dan dibiarkan. Pilek yang melanda si bayi tentu akan menghambat pernapasannya, hal ini diperparah dengan si bayi yang belum bisa mengeluarkan lendirnya sendiri.
Tentu hal ini cukup meresahkan bagi Anda bukan? Namun sebagai orangtua, Anda wajib mengatasinya.
Mengatasi hidung bayi yang tersumbat bagi sebagian orangtua dapat membuatnya panik dan pusing, karena bayi pasti akan bersikap rewel tanpa mengetahui apa yang membuatnya merasa tidak nyaman. Jika hal ini terjadi pada bayi Anda, maka Anda perlu tenang terlebih dahulu lalu mengatasi hidung bayi tersumbat tersebut dengan beberapa cara.
Bagi Anda yang belum mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi, agar tidak gelabakan menghadapi hal tersebut maka Anda disarankan agar melakukan beberapa tips berikut ini:
Bantu si kecil mengeluarkan ingusnya
Saat ini Anda tidak perlu repot-repot lagi membersihkan ingus bayi Anda menggunakan tangan kosong. Kita telah dimudahkan dengan adanya alat penghisap ingus yang dapat Anda temukan di apotik terdekat di daerah Anda atau toko perlengkapan bayi.
Sebelum menggunakan alat tersebut, hendaknya Anda sterilkan terlebih dadulu bagian yang akan dimasukkan ke dalam hidung dan persiapkan wadah untuk membuang ingusnya.
Selanjutnya tenangkanlah Si Kecil terlebih dahulu setenang-tenangnya, lalu masukkan alat ke dalam hidungnya, namun jangan sampai terlalu dalam karena bisa saja dapat melukai hidung bagian dalamnya. Lakukanlah proses penghisapan ingus si kecil dengan lembut agar hidung Si Kecil tidak teriritasi dan tidak mengamuk.
Agar ingus bayi mudah dikeluarkan, maka ingus boleh dicairkan terlebih dahulu. Caranya adalah dengan meneteskan larutan garam (Nasal Saline) dengan ujung pipet. Setelah ingus bayi mulai encer, bantulah Si Kecil untuk mengeluarkannya dengan cara mengikuti langkah nomor pertama.
Memijat Hidung si Bayi
Jika Anda masih kesulitan dalam menanganinya dengan tahapan pertama, maka Anda perlu memberikan pijatan yang lembat pada hidung bayi. Dengan pijatan dipercaya dapat melegakan pernapasannya serta mempermudah Anda dalam mengeluarkan ingus bayi.
Gunakan balsem bayi sebagai pelega pernapasan
Balsem pelega pernapasan khusus bayi dapat membantu melegakan pernapasannya, karena adanya sensasi hangat dan uap pada balsem tersebut, Anda juga dapat menggunakan minyak telon sebagai alternatifnya.
Namun, jika beberapa tips di atas belum dapat mengurangi rasa panik pada diri Anda, maka hendaklah untuk segera membawa Si Kecil ke dokter. Biasanya dokter akan melakukan terapi berupa penguapan yang dapat membantu mencairkan lendir sehingga mudah untuk dikeluarkan.
Semoga dapat menambah referensi pengetahun Anda tentang cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi ya.

Tampilkan Komentar