Kegunaan Kentang yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Oleh:   Kastolani Kastolani   |   3/17/2017 02:49:00 PM
Makan makanan ringan seperti snack maupun kue sudah menjadi hal lumrah yang sangat digemari orang banyak kalangan.
Dapat kita saksikan di dalam suatu rumah, selain terdapat bahan-bahan pokok makanan, mesti ada suatu wadah yang di dalamnya cemilan, entah yang manis, gurih maupun pedas.
Termasuk juga di rumah Anda bukan? hehe,
Tak mau kalah, di kantor sendiri pun mesti terdapat cemilan di meja kerja yang selalu menemani aktivitas pekerjaan seseorang.
Pada intinya adalah makanan ringan sangat digemari di waktu senggang maupun sibuk. Hal inilah yang menjadikan bermunculannya pabrik-pabrik yang mengolah makanan ringan.
Akibat dari hal di atas, jenis makanan ringan saat ini pun sungguh banyak sekali ragamnya. Di antara ragam makanan ringan itu adalah yang berbahan dasar dari kentang.
Kentang dikenal sebagai salah satu jenis tumbuhan dalam kategori umbi batang. Kentang biasa digunakan untuk alternatif pengganti nasi.
Selain dapat dikonsumsi secara langsung, kentang ternyata dikembangkan menjadi tepung kentang yang biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan cemilan.
Salah satu pengembang kentang menjadi tepung kentang di Indonesia adalah PT Markaindo Selaras yang bermarkas di Kawasan Industri Sentul, Bogor.
Adapun salah satu dari hasil produksinya biasa disebut potato flakes Markaindo.
Perusahaan tersebut merupakan mitra dari Aviko Rixona B.V. Perusahaan Aviko Rixona B.V merupakan sebuah perusahaan asal Belanda yang dimiliki oleh sebuah perusahaan lain yang lebih besar, Aviko.
Perusahaan Aviko dan Rixona bergerak pada bidang pengembangan produksi serta perdagangan bahan-bahan pangan.
Terdapat dua macam pengembangan yang dilakukan oleh perusahaan Rixona, yakni lebih mengkhususkan untuk memproduksi dried potato products terutama pada produksi potato granules dan potato flakes.
Potato flake oleh perusaan dibuat dengan cara yang mencuci bersih kentang lalu mengukusnya yang selanjutnya dikupas. Setelah dikupas, kentang dibuat menjadi seperti bubur yang kemudian dikeringkan, yang selanjutnya dijadikan berupa serpihan.
Bagi Anda yang sering jajan cemilan berbahan dasar kentang, maka biasanya yang tertera di belakang kemasan adalah potato flake atau tepung kentang lho.
Mungkin Anda sedikit bertanya seperti apa bentuk dari potato flake. Potato flake itu ialah produk atau bahan dari kentang yang terdehidrasi dengan bentuk flake atau berupa serpihan-serpihan kecil yang jika diberikan air hangat, ia akan mudah sekali terdehidrasi.
Dalam bidang pengolahan bahan makanan ringan, potato flake biasa digunakan untuk bahan yang berfungsi sebagai pengikat campuran bahan makanan ringan.
Hal ini dikarenakan kentang jenis ini memiliki daya ikat yang tinggi yang dikarenakan adanya kandungan pati bebas yang relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk olahan kentang lainnya seperti potato granules.
Fungsi dari potato flake tak berhenti sampai di sana.
Selain sebagai komposisi penting dalam pembuatan snack, dan digunakan untuk bahan pangan yang dijadikan sebagai pengental, bahan anti lengket, pembentuk, dan pengikat makanan.
Namun potato flake juga dapat digunakan sebagai bahan pengolahan makanan panggang, mie, sup, saus, perkedel, kroket, olahan daging dan ikan.
Multifungsi bukan?
Cukup dengan satu bahan, ternyata dapat dijadikan sebagai bahan alternatif yang hemat bagi Anda dalam membuat makanan ringan.
Berhubung perusahaan potato flake aslinya berasal dari Belanda, sedangkan Anda sedang memerlukan barang tersebut guna memperlancar keinginan maupun bisnis makanan ringan Anda.
Maka Anda cukup membeli potato flake yang telah tersedia di perusahaan yang terdapat di Indonesia, yakni produk potato flakes Markaindo yang telah tersedia.
Dengan begini, tentu produk akan lebih mudah untuk Anda dapatkan bukan?.

Tampilkan Komentar