Kriteria Susu Formula yang Baik Bagi Pertumbuhan Anak

Oleh:   Kastolani Kastolani   |   4/26/2017 08:38:00 AM
Memiliki seorang momongan bahkan lebih merupakan suatu keinginan yang sangat diimpikan oleh setiap pasangan. Anak yang dilahirkan tentu sangat membuat hati para ibu menjadi sangat senang, hal ini mengingat beratnya beban yang dipikul oleh sang ibu selama kurang lebih sembilan bulan mengandung si anak.
Hadirnya seorang anak ke dunia yang masuk ke dalam sebuah keluarga membuat pasangan memiliki tanggung jawab dari Tuhan guna menjaganya dengan baik sampai dia dapat hidup secara mandiri. Sungguh sangat disayangkan dan tidak bertanggung jawabnya pasangan yang dianugerahkan seorang anak akan tetapi tidak merawatnya dengan baik.
Terlepas dari berbagai kasus orangtua yang tidak bertanggung jawab seperti yang biasa diberitakan televisi swasta pada tengah malam, sebagai orangtua, Anda tidak boleh berlaku seperti itu.
Sebagaimana yang diketahui bahwa setelah seorang anak terlahir ke dunia, tentu hal yang paling utama dilakukan orangtua adalah memantau pertumbuhan di kecil. Pemantauan si kecil bisa ditempuh dengan memperhatikan kondisi berat badan dan lingkar kepala si anak pada beberapa bulan pertama kehidupannya.
Kesehatan si kecil dapat dipantau melalui beberapa faktor, yaitu perkembangan berat dan tinggi badan, serta lingkar kepala bayi. Perkembangan berat dan tinggi badan, serta lingkar badan si kecil harus sama-sama dipantau agar pertumbuhannya ideal. sebagai acuannya, pertumbuhan bayi ini dapat terbaca melalui grafik kurva pertumbuhan bayi sebagai patokan.
Sebagaimana menurut para parar kesehatan, masa pertumbuhan tercepat seorang anak adalah 1000 hari pertama kehidupan, terhitung sejak awal kehamilan hingga ulang tahun kedua seorang anak.
Tentu dalam tahap merawat anak adalah dengan memberikan asupan-asupan yang baik bagi anak, dan menjaga keamanannya sehingga dia merasa aman dari gangguan psikologis yang bisa saja menyebabkan anomali pada anak. Selain itu, untuk membantu pertumbuhan anak dengan baik juga diperlukan nutrisi-nutrisi eksternal seperti susu formula.
Pemberian nutrisi eksternal, seperti susu baru direkomendasikan oleh para dokter di kala usia anak sudah telah melalui dua tahun. Apabila anak Anda telah melalui usia dua tahun, maka Anda perlu memberikan asupan untuk anak Anda berupa susu pertumbuhan anak.
Susu biasa digunakan sebagai pendukung dari menu makanan empat sehat lima sempurna. Pada dasarnya, nutrisi tambahan yang diperlukan si kecil berbeda dengan kebutuhan nutrisi orang dewasa. Sehingga, sebaiknya seorang anak diberikan susu sebagai pemenuhan kebutuhan nutrisinya. Dalam menentukan susu pertumbuhan terdapat beberapa kriteria, sebagai berikut:
Mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan si anak
Kandungan vitamin dan mineral mungkin bisa saja ditemukan pada setiap produk susu. Akan tetapi, tidak setiap susu pertumbuhan bagi anak yang memiliki kandungan probiotik, yakni mikroorganisme yang baik bagi pencernaan anak. Selain itu, probiotik juga berperan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Mengandung bahan alami
Bahan yang diambil dari alam merupakan bahan yang memiliki nutrisi yang terbaik. Bahan-bahan yang berasal dari alam sudah tentu berbeda dengan bahan buatan seperti pemanis buatan yang dapat membahayakan kesehatan si anak secara jangka panjang.
Mudah dicerna dan diserap tubuh
Proses pembuatan susu pertumbuhan bagi anak dapat mempengaruhi kualitas nutrisi di dalamnya. Susu yang diproses dengan baik itu susu yang tidak melalui pemanasan berlebih. Pemasanan susu yang berlebih, dapat mengakibatkan nutrisi alami susu menjadi rusak. Rusaknya nutrisi alami susu menjadikan susu lebih susah dicerna dan diserap tubuh anak.
Kehigienisan Susu yang selalu terjaga
Kehigienisan susu sudah tentu menjadi hal penting untuk diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan dapat mempengaruhi nutrisi yang masuk ke dalam perut badan si anak.
Nah, semoga kriteria pemilihan susu pertumbuhan anak ini dapat membantu Anda dalam memilih susu formula yang akan Anda suguhkan kepada anak Anda ya.

Tampilkan Komentar