Langkah-Langkah Mudah Menentukan Harga Rumah

Oleh:   Kastolani Kastolani   |   4/18/2017 04:21:00 PM
Menetukan harga rumah bisa dilakukan dengan beberapa cara. Harga rumah sangat penting bagi yang ingin melakukan transaksi jual beli rumah atau properti. Pada setiap daerah, harga jual rumah tentu berbeda. Harga rumah dijual di Surabaya, tentu berbeda denga harga rumah dijual di Bandung. Variasi harga ini dipengaruhi oleh lokasi serta kondisi fisik dari rumah tersebut.
Ketika menjual rumah harus bisa menentukan harga yang tepat karena apabila kemahalan membuat orang takut menawarnya. Tapi bila lebih rendah, Anda bisa rugi besar yang justru memperburuk kondisi finansial nanti. Inilah cara menentukan harga yang tepat untuk rumah Anda!
Menurut NJOP
Setiap tahunnya, Anda pasti menerima lembaran tagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Nah, pada lembar itu tedapat informasi Nilai Jual Objek Pajak ataua yang disebut NJOP baik untuk tanah ataupun bangunannya. Cara menentukan harga rumah berdasarkan NJOP adalah harga minimal yang Anda tetapkan. Banyak sekali penjual yang menentukan nilai rumah jauh lebih tinggi dibandingkan nilai NJOP nya yakni 2 – 3 kali NJOP.
Berdasarkan biaya rumah dan laba
Biasanya harga jual suatu barang tergantung biaya yang dikeluarkan untuk barang tersebut ditambah dengan laba. Berlakukanlah cara itu untuk menentukan harga jual rumah. sebenarnya tidak ada perhitungan yang baku, perlu Anda ketahui kenaikan harga properti pertahunnya berkisar antara 15 – 30%.
Misalnya harga tanah Rp 150 juta sudah termasuk pajak. Lalu, biaya pembangunanya sebesar Rp 100 juta, sehingga totalnya Rp 250 juta. Selanjutnya, Anda ingin menjual rumah setelah 1 tahun, berarti perhitungannya : 250 juta + (25% x 250 juta) =  256.250.000
Harga pasaran rumah
Anda bisa mendapatkan harga jual yang tepat dengan memperhatikan harga pasaran. Tanyakan kepada petugas setempat yang menangani pertanahan. Tanyakan berapa harga pasaran rumah dan tanah diwilayah rumah Anda itu. Selanjutnya, hargai rumah Anda dengan yang sudah ditetapkan itu. Minta bantuan juga petugas untuk memasarkan rumah dijual di Jakarta.
Namun, nilai jual dari suatu properti berkaitan erat dengan kondisi fisik dari rumah tersebut. Oleh karena itu, perbaikilah rumah Anda saat ingin dijual. Kerusakan sedikit saja bisa membuat orang ilfeel dan tidak jadi membeli. Pastikan pula tatanan rumah rapi dan nyaman ditempati. Selain itu, perhatikan pula kondisi jalan menuju rumah, kalau perlu dibikin lebih bagus.

Tampilkan Komentar