Hidup Bahagia dengan Finansial Check Up

Oleh:   Kastolani Kastolani   |   5/11/2017 02:31:00 PM
Hidup di era modern layaknya seperti sekarang ini, dibutuhkan kekuatan finansial yang memadai guna dapat menjalani hidup dengan baik. Dapat dimaklumi bersama bahwa kekuatan finansial merupakan salah satu jalan yang menentukan seseorang dapat menjalani hidup dengan tenteram, mengingat zaman sekarang hampir semuanya membutuhkan uang. 

Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya sistem timbal balik, di mana seseorang akan mendapatkan jasa dari seseorang dengan syarat membayar sejumlah uang atas jasanya. Kejadian ini bisa dianalogikan dengan suatu contoh, misalnya saja suatu ketika seseorang menginginkan sebuah rumah atau apartemen, maka terlebih dahulu dia harus membayar sejumlah uang untuk bisa mendapatkan rumah yang diinginkan.

Berdasarkan hal tersebut, tanpa adanya kekuatan finansial yang baik, seseorang tidak akan mampu secara maksimal mendapatkan hal-hal yang ia inginkan. Dengan demikian, hidup di zaman yang butuh uang ini, semestinya kita memiliki kondisi finansial yang baik.

Untuk bisa mendapatkan dan meraih kondisi finansial yang baik, maka diperlukan usaha-usaha didalamnya. Usaha pertama yang perlu direalisasikan adalah bekerja keras untuk mendapatkan sejumlah uang. Sudah menjadi hal umum, bahwa cara menjadi kaya itu harus ditempuh dengan usaha keras dengan jalan bekerja. Oleh karena itu, jika kita ingin memiliki finansial yang baik, harus bekerja terlebih dahulu.

Setelah memperoleh hasil dari bekerja, maka usaha selanjutnya yang perlu dilaksanakan adalah membuat finansial check-up. Aktivitas ini sangat membantu dalam memudahkan seseorang untuk mengatur keuangan yang dia miliki. Dengan mengecek keuangan secara berkala, itu artinya seseorang telah melakukan perencanaan-perencanaan mengenai kondisi keuangannya. Dengan begitu, segala aktivitas keluar masuknya keuangan seseorang akan bisa dipantau dan tidak akan menciderai kondisi finansial seseorang.

Tanpa melakukan finansial check-up, dikhawatirkan akan mengakibatkan kondisi keuangan seseorang menjadi kacau, karena tidak adanya suatu perencanaan terhadap pengeluaran yang kemungkinan akan terjadi. Hal ini belum lagi akan diperparah dengan pengeluaran dadakan yang bisa saja mengintai. Oleh karena itu, setiap orang jika ingin memiliki kondisi finansial yang baik, perlu melakukan hal tersebut.

Hal perlu dicatat, bahwa kondisi finansial yang baik tidak melulu memiliki uang banyak lalu seenaknya membelanjakannya secara membabi buta. Namun kondisi finansial yang baik itu adalah di mana seseorang membuat perencanaan yang baik terhadap pengeluaran yang terencana, seperti beli sembako dan mengantisipasi pengeluaran tak terencana, seperti kecelakaan.
Sumber foto: Money.id


Tampilkan Komentar