Ingin Renovasi Rumah? Coba Pertimbangkan Hal ini

Oleh:   Kastolani Kastolani   |   8/21/2017 09:11:00 PM
Setiap orang ingin memiliki rumah idaman, untuk mewujudkannya tidak serta merta mudah dilakukan. Adakalanya rumah yang dulu sudah dibangun dengan sedemikian rupa telah mengalami perubahan karena usia rumah yang terus bertambah. Mungkin karena sudah lama, ada bagian – bagian rumah yang sudah mulai rusak atau tidak enak dilihat. Itu artinya, Anda harus memikirkan tentang renovasi rumah termasuk biaya renovasi rumah yang dibutuhkan.

Renovasi rumah tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Alih – alih menjadikan rumah kembali menjadi hunian idaman, bisa – bisa rumah justru semakin tidak karuan karena Anda tidak bisa merencanakan renovasi rumah dengan baik. Inilah mengapa Anda memerlukan bantuan jasa renovasi rumah. Memang akan menambah pengeluaran, tapi ini adalah solusi terbaiknya. Tentu Anda tidak ingin rumah semakin rusak karena Anda tidak mengetahui teknik dan trik renovasi rumah bukan?

Namun sebelum renovasi rumah dilakukan, ada baiknya Anda mempertimbangkan hal – hal di bawah ini agar rencana renovasi rumah berjalan dengan lancar dan mudah. 

Alasan Renovasi
Banyak hal yang mendasari kenapa seseorang memutuskan untuk merenovasi rumah. Demikian pula bagi Anda, pastikan dulu apa alasan yang melatarbelakangi keharusan untuk merenovasi rumah. Apakah karena membutuhkan ruang tambahan, karena warna cat sudah memudar atau karena alasan lainnya. Mengetahui alasan renovasi ini sangat penting, agar Anda bisa menentukan haruskah melakukan renovasi dalam skala besar atau kecil.

Tentukan Prioritas Renovasi
Sekalipun rumah Anda bergaya minimalis, tentulah di dalamnya ada banyak ruangan. Untuk itu sebelum mulai merenovasi rumah, coba analisa setiap ruangan yang ada. Teliti apa saja yang harus direnovasi. Saringlah dan tentukan mana yang harus direnovasi sesegera mungkin. Apabila prioritas renovasi sudah ditentukan, ini akan memudahkan Anda dalam menyiapkan bahan bangunan yang dibutuhkan.

Memastikan Ketersediaan Budget
Sebenarnya untuk poin ini bisa dilakukan setelah atau sebelum membuat anggaran biaya. Tapi tidak ada salahnya jika Anda memeriksa saldo tabungan terlebih dahulu sebelum akhirnya membuat rencana anggaran biaya renovasi rumah. Dengan memastikan ketersediaan budget ini Anda bisa membuat perkiraan biaya renovasi dengan mudah. 

Jumlah Pekerja atau Tukang Bangunan
Karena Anda sendiri tidak mahir dalam hal bangunan, maka sudah menjadi keharusan untuk mengandalkan pekerja atau tukang bangunan. Atau bahkan Anda juga membutuhkan jasa renovasi rumah jika memang renovasi kali ini adalah renovasi dalam skala besar. Tentukan pula jumlah pekerja yang nantinya akan mengeksekusi rumah Anda. Dengan begitu Anda bisa memperkirakan berapa biaya untuk membayar jasa tukang atau jasa renovasi rumah.

Demikian tadi beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda berencana untuk merenovasi rumah. Pastikan Anda tidak gegabah dalam merencanakan setiap detailnya ya. Dengan demikian rumah idaman pun dapat dimiliki.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.


Tampilkan Komentar