Ingin Tidur Nyenyak Dalam Pesawat? Ini 5 Tipsnya!

Oleh:   Kastolani Kastolani   |   8/15/2017 05:02:00 PM
Saat mengingat tentang tidur di pesawat, apa yang langsung muncul di pikiran kamu? Pegal, tidak leluasa, sempit, dan kram? Sudah pasti demikian karena memang itu adanya. Ya, semua hal yang disebut barusan serta masalah otot lainnya sudah pasti pernah dirasakan oleh orang yang pernah mengalami tidur di pesawat. 

Perlu diingat kita bicara tentang tidur di kelas ekonomi ya. Bagi sebagian orang sangatlah jauh dari kata nyaman. Tapi, ya mau tidak mau tetap menjadi kelas pilihan banyak orang. Jangankan tidur untuk penerbangan jarak jauh, tidur dalam penerbangan berdurasi 2 jam saja rasanya sangatlah melelahkan.

Tapi semua itu bisa diubah situasinya lho. Tinggal bagaimana kita memainkan triknya. Bagaimana pola pikir dan perspektif kita terhadap itu. Kan naik pesawat sensasinya paling berbeda dengan moda transportasi lainnya. Buat diri kamu senyaman mungkin karena tidur selama perjalanan kan bisa memangkas rasa bosan dan menyimpan tenaga untuk traveling setibanya mendarat di destinasi nanti. 

Tidur dalam pesawat memang merupakan kesempatan untuk beristirahat, memulihkan stamina, sekaligus menghabiskan waktu. Apalagi jika kamu melakukan penerbangan lintas benua yang membutuhkan waktu tempuh selama lebih dari dua belas jam. Beristirahat dan tidur nyenyak di dalam pesawat memang bukan hal yang mudah dilakukan. Tapi itu bukan berarti tidak bisa dilakukan sama sekali. 

Dalam artikel ini, akan kita bahas tentang tips bagaimana bisa tidur nyenyak selama dalam perjalanan menggunakan pesawat, terutama dengan penerbangan kelas ekonomi. Simak yuk agar bisa kamu tiru dan terapkan ketika nanti melakukan penerbangan dengan pesawat.

1. Maksimalkan bantal leher
Saat tidur dalam pesawat kelas penerbangan biasa, tentu kamu akan tidur dalam keadaan duduk. Nah, untuk menyiasati ini, pastikan kamu menggunakan bantal leher. Memang kursi di pesawat bisa digunakan dalam mode rebahan, namun pastinya itu tidak ckup memberikan kenyamanan penuh selama dalam perjalanan. Karenanya, banyak yang memilih untuk membawa bantal leher sendiri.

Tahukah kamu? Bantal leher yang biasa kamu temui dan gunakan sebenarnya diciptakan dengan model penggunaan di depan leher. Artinya, yang selama ini kamu dan kebanyakan orang lakukan-yakni dengan memakainya di belakang leher-berarti salah.

Coba untuk memaksimalkan penggunaan bantal tersebut dengan meletakkannya di depan leher supaya menjadi sanggahan yang baik ketika kamu menunduk.

2. Usahakan untuk menyandarkan kaki
Perlu diingat, yang dimaksud menyandarkan kaki di sini adalah pada sandaran kaki yang telah disediakan, bukan di hand rest maupun di bagian kursi depan. Bagaimana pun juga kaki yang menggantung, apalagi selama berjam-jam, akan membuat peredaran darah tidak berjalan dengan lancar. Lalu hasil akhirnya? Kaki akan mudah kesemutan bahkan kram dan pegal-pegal.

Ada satu tips yang tidak banyak orang tahu. Saat di pesawat, coba untuk gunakan kaus kaki bersih tanpa sepatu. Selain bisa menghangatkan, kaus kaki ini juga bisa membuat telapak kaki berpijak dengan baik di sandaran maupun di lantai pesawat. Kaki juga bisa bernapas bebas ketika sepatu dilepas.

3. Coba tenangkan diri dengan musik
Kalau tips yang satu ini rasanya tidak perlu ditanyakan lagi karena hampir semua orang pasti melakukannya setiap terbang menggunakan pesawat.

Namun, ada yang perlu kamu jadikan catatan, yakni jenis musik yang dapat memberikan ketenangan lebih saat tidur di dalam pesawat. Coba, jika kamu biasanya mendengarkan musik rock and roll, ketika beristirahat selama perjalanan nanti, ganti musik dengan suara white noises yang menenangkan. 

White noises adalah suara-suara halus yang berupa suara hujan, bukaan pintu, angin, ombak, dan lain sebagainya. Sudah banyak pakar yang meneliti kalau white noises bisa menetralisir suara yang mengganggu akan memberikan ketenangan lebih saat tidur. 

4. Pakai masker mata untuk tidur
Meskipun lampu dalam pesawat akan dimatikan saat malam hari, tetap saja masih akan ada seberkas cahaya yang terlihat. Ini sebenarnya bisa sedikit mengurangi kenyamanan tidur selama perjalanan.

Coba gunakan masker tidur atau sleeping mask yang bisa melindungi mata dari cahaya sekecil apapun. Jadi, ketenangan saat tidur bisa didapatkan dengan maksimal. Terlebih lagi, sekarang sudah ada sleeping mask dengan fitur menyejukkan mata dengan teknologi gel di dalamnya. Nah, kalau sudah begitu, pasti bisa mendapatkan tidur nyenyak nan berkualitas selama dalam pesawat.

5. Buat posisi tidur senyaman mungkin
Percaya tidak? Kalau kita mau mencoba, ada banyak lho posisi tidur yang bisa kita lakukan di dalam pesawat selain tentunya posisi normal rebahan di kursi dengan menghadap ke depan.

Pertama, kamu bisa mencoba meletakkan bantal di jendela pesawat dan bersandar di sana. Memang untuk posisi yang satu ini, kamu harus mengatur letak tubuh dan leher agar tidak mudah pegal. Jangan lupa untuk ganti posisi, ya.

Kedua, coba posisi tidur di atas tangan yang dilipat pada meja makan di depan kamu, atau bisa juga meletakkan bantal di sana. Jangan lupa untuk membersihkan mejanya dengan tisu sebelum menggunakannya, ya.

Nah, itu tadi tips untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas dalam pesawat. Ditambah lagi, demi perjalanan yang semakin nyaman dan tenang, sebelum berangkat cek dulu promo tiket pesawat Garuda Indonesia. Sekarang mudah kok melakukannya tinggal klik situs yang jual tiket pesawat terpercaya seperti Reservasi.com.


Tampilkan Komentar