Perbedaan Ciri-Ciri Penyakit TBC Dan Penyakit Paru-Paru Basah

Oleh:   Kastolani Kastolani   |   8/21/2017 09:35:00 AM
Tidak ada salahnya untuk kita mengenali lebih jauh tentang penyakit-penyakit yang ada di sekitar kita. Dua diantaranya yang sering kita jumpai adalah Tuberkulosis dan Paru-paru Basah. Kita perlu mengetahui ciri ciri penyakit TBC dan Paru-paru Basah agar dapat memberikan penanganan yang sesuai.

Kedua penyakit tersebut sudah sering dialami oleh masyarakat sekitar. Tuberkulosis (TBC) merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri tersebut menyebar melalui udara yang berasal dari penderita TBC. Orang yang mengidap TBC, ketika sedang bersin ataupun batuk, bisa tanpa sengaja menyebarkan bakteri ke udara. Jika udara berbakteri tersebut dihirup oleh orang yang sehat, maka bisa saja orang tersebut terkena penyakit TBC.

Sedangkan penyakit paru-paru basah adalah merupakan terjadinya peradangan pada salah satu atau kedua paru-paru. Ada banyak organisme yang bisa menyebabkan paru-paru basah pada seseorang. Diantaranya adalah bakteri, virus dan jamur yang bisa menjadi penyebab paru-paru basah atau pneumonia ini.

Keduanya memang sama-sama menyerang paru-paru, namun keduanya memiliki cara pengobatan yang berbeda. Maka dari itu, kita perlu mengetahui gejala yang terjadi dari penyakit TBC dan paru-paru basah.

Ada perbedaan ciri-ciri yang terjadi pada TBC dan paru-paru basah. Jika pada TBC penderita akan merasakan nyeri di dada jika batuk semakin hebat. Sedangkan pada penderita paru-paru basah, ketika bernafas akan muncul suara seperti asma. Jika penderita TBC mengalami batuk darah, maka berbeda dengan paru-paru basah. Penderita paru-paru basah tidak akan sampai batuk darah, hanya saja akan merasakan nyeri di dada jika batuk sudah terlalu parah.

Dan satu lagi perbedaan antara TBC dan paru-paru basah. Penderita TBC bisa mengalami kehilangan kesadaran alias pingsan. Namun berbeda dengan ciri-ciri paru-paru basah, yaitu si penderita bisa mengalami mual dan muntah dalam beberapa waktu.

Selain perbedaan gejala di atas, kedua penyakit tersebut juga mengalami persamaan gejala yang sama. Kita harus bisa membedakan penyakit TBC dan paru-paru basah. Hal ini bertujuan agar kita bisa memberikan pengobatan yang sesuai dengan penyakit yang diderita. Ini cara mengobati penyakit TBC yang benar dan ampuh.


Tampilkan Komentar