Cek Tarif dan Menghemat Ongkos Kirim Ketika Berbelanja Secara Online

Oleh:   Kastolani Kastolani   |   10/09/2017 05:59:00 PM
Cek tarif merupakan hal yang wajib dilakukan apabila Anda ingin berbelanja barang secara online. Sebab, jika kebetulan barang harganya murah, sedangkan ongkos kirimnya mahal bisa membuat Anda rugi. Saat ini sudah banyak toko online yang menerapkan tarif biaya pengiriman normal bahkan gratis kepada konsumen. Itu perlu dipertimbangkan untuk menghemat ongkos kirim.

Cara Menghemat Ongkos Kirim Ketika Berbelanja Secara Online

Untuk Anda yang hobi berbelanja barang atau menggunakan jasa tertentu secara online, pasti tidak asing dengan cek tarif atau ongkos kirim. Tarif biaya pengiriman tersebut ditentukan oleh jenis dan berat barang, jaminan yang diberikan, jauh-tidaknya jarak penerima dari kota pengirim dan sebagainya. Supaya mendapatkan ongkos kirim yang lebih murah, Anda bisa mengakalinya dengan:

Membeli barang yang sesuai dengan berat serta volume. 

Sayang apabila Anda hanya membeli barang yang kecil serta ringan, sebab biasanya jasa ekspedisi menghitung tarif berdasarkan kelipatan berat dan volume barang tersebut. Jadi, daripada melakukan transaksi pembelian berulang-ulang, sebaiknya cari online shop yang menjual berbagai jenis barang yang dibutuhkan supaya dikemas dalam satu paket dan Anda hanya perlu membayar ongkos kirim sekali saja.

Menggunakan paket atau jasa ekspedisi tertentu. 

Mintalah pada penjual untuk mengirimkan barang dengan paket yang harganya lebih ekonomis atau menggunakan jasa pengiriman yang murah, namun berkualitas.

Mengirimkan barang ke kota yang sering dikunjungi. 

Apabila Anda memiliki tempat main, tempat kerja dan saudara atau teman yang tinggal di kota lain yang kebetulan dekat dengan lokasi penjual, sebaiknya kirim barang ke sana saja. Tapi, pastikan cek tarif ongkos kirimnya lebih murah dibanding ke kota Anda.

Mencari online shop yang memberi ongkos kirim murah atau gratis. 

Ketika mencari barang yang akan dibeli, bandingkan dengan toko lainnya apakah memiliki ongkos kirim yang berbeda. Kalau ada yang murah dan gratis, kenapa tidak?

Tidak sedikit calon pelanggan yang mengurungkan niatnya untuk membeli produk di online shop karena ongkos kirim yang terlalu tinggi ketika mereka mencoba cek resi. Tapi, ada pula pelanggan yang pandai mengakalinya, sehingga bisa menghemat biaya ongkos kirim.

Tampilkan Komentar