5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memberikan Susu Anak

Melihat anak tumbuh dengan sehat dan ceria adalah kebahagiaan tersendiri bagi kita. Semua upaya terbaik dilakukan demi kebaikan si kecil. Selain harus selalu memastikan bahwa lingkungan tempat tinggal aman untuk anak, kita juga wajib memberikan makanan dan minuman yang bernutrisi tinggi untuk anak. Termasuk keharusan untuk memberikan susu anak.

Seperti yang kita tahu susu ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan anak. Selain mengoptimalkan perkembangan otak dan mata, susu juga bermanfaat untuk menguatkan gigi dan tulang. Namun agar nutrisi yang dimiliki susu dapat diserap dengan baik oleh tubuh si kecil, tetap ada cara yang perlu diperhatikan ketika memberikan susu anak. 

Berikut adalah 5 hal penting yang harus diperhatikan saat memberikan susu anak.

Sesuaikan susu dengan usia anak

Banyak kategori susu anak yang dijual di pasaran. Jadi kita pun dituntut untuk lebih cermat dan selektif. Jangan asal mengambil produk susu yang ada di etalase toko tanpa membaca keterangan produk. Pastikan bahwa susu yang dipilih adalah susu yang sesuai dengan usia anak. Apabila anak berusia 1 tahun, maka pilih susu untuk anak 1 tahun. Begitupula ketika anak sudah berusia 2 tahun, pilihlah susu untuk anak 2 tahun.

Cek tanggal kadaluwarsanya

Sebagaimana produk makanan dan minuman lainnya, susu untuk anak ini juga dilengkapi dengan tanggal kadaluawarsanya. Untuk itu setelah memilih susu sesuai kategori usia anak, jangan lupa untuk mengecek tanggal kadaluwarsa susu tersebut. Periksa juga apakah kemasan susu mengalami kerusakan. Jika ada cacat pada kemasan, sebaiknya pilih yang kemasannya masih rapi.

Sterilkan botol susu dengan air hangat

Anak-anak masih sangat rentan terhadap serangan virus maupun bakteri. Daya tahan tubuh yang masih lemah lah yang membuat anak lebih mudah sakit. Itu artinya kita sebagai orang tua harus benar-benar memastikan bahwa apa-apa yang dipakai, dipegang, dimainkan, diminum dan dimakan terjaga betul kebersihannya.

Sama halnya dengan botol susu anak, untuk membersihkannya tidak bisa dilakukan dengan sesuka hati. Cucilah botol susu dengan sabun, lalu bilas sampai bersih, kemudian rendam botol susu pada air hangat. Ini untuk menghilangkan bakteri atau virus yang menempel pada botol susu.

Perhatikan suhu susu

Hindari menuangkan susu panas ke dalam botol susu. Apalagi jika botol susu terbuat dari bahan plastik, dimana ketika bertemu dengan suhu panas akan membuat bahan kimia pada botol terurai. Sehingga dikhawatirkan zat yang terurai tersebut justru bercampur dengan susu anak.

Guna menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda menuangkan susu ke dalam botol ketika suhu susu sedang atau hangat. Periksa suhu susu dengan memercikannya ke tangan atau menyendoknya. Jika masih terlalu panas, sebaiknya diamkan sebentar hingga susu menjadi hangat.

Perhatikan posisi bayi 

Memberikan susu kepada bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Perhatikan juga bagaimana posisi bayi. Posisi yang disarankan adalah dimana kepala bayi membentuk sudut 45 derajat. Kalaupun terpaksa harus digendong, sangga kepala si kecil dengan lengan kita.  Bahkan kita juga bisa memposisikan bayi seperti tengah duduk. 

Demikianlah 5 hal yang penting diperhatikan saat memberikan susu anak. Anak-anak hanya mengonsumsi apa-apa yang kita berikan, oleh karena itu pastikan kita memberikan makanan dan minuman yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk si kecil. Ini akan membantu memaksimalkan daya tumbuh kembangnya.
Kastolani
Kastolani

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

1 komentar: