Pentingnya Memberikan Susu Pertumbuhan Anak 3 Tahun

Oleh:   Kastolani Kastolani   |   11/10/2017 08:19:00 AM
Peran orang tua sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak. Apalagi jika anak masih berusia balita, yang mana pada usia ini nutrisi-nutrisi dasar harus selalu terpenuhi dengan baik. Salah satunya adalah dengan rutin memberikan susu pertumbuhan anak 3 tahun. Itulah mengapa Anda harus memiliki waktu yang lebih intens dengan si kecil. Dengan harapan Anda bisa mendampingi anak dalam setiap masa tumbuh kembangnya.

Susu menjadi salah satu sumber nutrisi yang tidak boleh dilewatkan. Ini sangat penting untuk mengoptimalkan pertumbuhannya. Bahkan sejak hari pertama lahir ke dunia ini pun Anda harus memberikan si kecil ASI. Dan seiring pertambahan usianya, anak tetap membutuhkan susu agar kebutuhan nutrisi dan gizinya terpenuhi.

Lebih dari itu, apa sih yang membuat Anda harus rutin memberikan susu pertumbuhan anak 3 tahun? Berikut ulasannya.

Mendukung Pertumbuhan Gigi dan Tulang

Susu merupakan salah satu minuman yang kaya akan nutrisi, vitamin dan mineral. Kesemuanya dibutuhkan tubuh si kecil agar daya tumbuh kembangnya berlangsung secara optimal. Selain itu susu juga mengandung zat besi, vitamin D dan kalsium. Zat-zat ini sangat baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang anak.

Sumber Protein dan Energi

Selain zat besi dan kalsium, anak juga membutuhkan protein untuk mengoptimalkan pertumbuhannya. Dan susu menjadi minuman sumber protein dan sumber energi yang baik untuk si kecil. Apalagi di usia 3 tahun ini anak sedang aktif-aktifnya, sehingga Anda harus memastikan bahwa kebutuhan nutrisinya sudah terpenuhi. Dengan begitu anak tidak akan mudah sakit dan tetap ceria menjalani hari-harinya.

Susu sebagai Sumber Lemak

Selama ini lemak dinilai dengan sudut pandang negatif. Tapi, perlu Anda ketahui bahwa tidak selamanya lemak tersebut memberikan pengaruh buruk bagi tubuh. Hal ini dikarenakan tubuh juga membutuhkan lemak guna meningkatkan pertumbuhan otak. Jadi upayakan untuk memberikan susu pertumbuhan anak 3 tahun pada si kecil, setiap hari secara rutin. Dengan begitu otak anak dapat tumbuh dengan optimal.

Setelah mengetahui manfaat susu bagi pertumbuhan si kecil, sekarang saatnya Anda untuk mencari tahu cara memilih susu pertumbuhan terbaik untuk anak.

Sesuaikan dengan usia

Yup, usia menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan ketika Anda berencana membelikan susu pertumbuhan untuk anak. Setiap produk susu diproduksi dengan berbagai kebutuhan nutrisi si kecil dan dikategorikan berdasarkan usia. Karena saat ini si kecil berusia 3 tahun, maka Anda harus memilih susu pertumbuhan anak 3 tahun.

Cek kelengkapan kandungannya

Susu yang baik untuk pertumbuhan anak adalah susu yang memiliki nutrisi dan gizi seperti yang sudah dibahas di atas. Untuk itu coba baca kembali keterangan produk yang ada pada kemasan susu. Ini untuk memastikan bahwa susu yang akan dibeli mempunyai kandungan gizi yang lengkap.

Pilih rasa susu sesuai kesukaan anak

Di usia 3 tahun anak sudah bisa memilih dan menolak makanan atau minuman yang Anda berikan. Sebenarnya ini juga menguntungkan, sebab dengan begitu Anda bisa mengetahui selera atau kesukaan si kecil. Misalnya saja selama ini anak lebih suka susu rasa cokelat, maka ada baiknya kali ini Anda membelikannya susu rasa cokelat.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pentingnya memberikan susu pertumbuhan anak 3 tahun serta beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih susu untuk anak. Mengingat demikian pentingnya pemberian susu untuk anak, pastikan pula jika Anda tidak lupa untuk menyiapkan segelas susu setiap pagi. Ini akan menjadi sumber energi yang baik untuk anak.

Tampilkan Komentar