Baker Pemula Wajib Punya Alat ini Untuk Mengeksekusi Aneka Resep Kue Favorit

Sekarang ini mulai banyak ibu-ibu rumah tangga yang semakin rajin mengeksekusi aneka resep kue favorit. Meski membeli jauh lebih praktis dan mudah, namun sepertinya membuat kue sendiri jauh lebih melegakan dan memuaskan. Ada rasa bangga tersendiri jika bisa menyajikan kue hasil olahan tangan Anda sendiri untuk keluarga di rumah.

Berawal dari coba-coba dan iseng, sepertinya banyak pula para ibu rumah tangga yang berniat untuk menekuni hobi membuat kue ini. Alhasil perlengkapan dan peralatan untuk membuat kue pun mulai dibeli. Lalu apa saja peralatan untuk membuat kue yang dibutuhkan oleh pemula? 

Gelas Ukur dan Timbangan

Bahan-bahan untuk membuat kue harus ditakar sesuai dengan resep yang ada. Jadi supaya nanti tidak salah takar ketika membuat kue, ada baiknya Anda membeli gelas ukur atau timbangan. Kalau masih pemula, sebaiknya hindari menakar bahan kue berdasarkan “kira-kira” ya.

Mixer

Apabila sebelumnya Anda mengandalkan tangan sebagai mixer manual, kini sudah saatnya Anda membeli mixer elektronik. Tidak perlu membeli yang mahal, cukup membeli handled mixer sudah akan sangat membantu proses eksekusi kue yang dilakukan. Mengaduk adonan hingga kalis bukan lagi menjadi hal yang berat dengan adanya mixer ini.

Oven

Walaupun tidak semua jenis kue dibuat dengan cara dipanggang, namun tidak bisa dielak pula jika banyak kue yang juga dibuat atau dipanggang dengan bantuan oven. Untuk itu belilah oven supaya kegiatan mengolah kue semakin praktis dan mudah. Anda bisa memilih oven listrik atau oven kompor, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Loyang Kue

Tidak harus memborong semua jenis loyang kue yang ada. Mengingat Anda masih pemula, mungkin loyang kue bolu atau loyang kue kotak bisa menjadi pilihan. Namun sebelum membeli loyang kue ini harus disesuaikan dengan ukuran oven Anda di rumah supaya nanti kompatibel dengan oven tersebut.

Kuas

Kuas yang dimaksud bukan kuas make up atau kuas untuk melukis ya. Kuas ini dibuat khusus untuk memudahkan kegiatan baking. Umumnya kuas ini dibuat dari bahan nilon halus atau silikon.

Fungsi dari kuas ini adalah untuk mengoleskan mentega, minyak, sirup dan lain sebagainya. Mengoleskan dengan memanfaatkan kuas jauh lebih disarankan daripada mengoleskan blueband menggunakan sendok. Dengan kuas, olesan bisa dengan mudah diratakan.

Demikianlah beberapa alat yang dibutuhkan untuk membuat kue bagi baker pemula. Sebenarnya masih banyak alat-alat lainnya, namun 5 alat di atas merupakan alat dasar yang bisa dikatakan wajib dimiliki oleh seorang baker untuk mengeksekusi aneka resep kue favorit. Lebih dari itu Anda masih pemula, jadi ada baiknya memang membeli peralatan secara bertahap karena disesuaikan dengan kebutuhan.
Kastolani
Kastolani

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

1 komentar: