5 Pertimbangan Penting sebelum Membeli Mainan untuk Anak Balita

Anak-anak identik dengan bermain sehingga tidak heran jika mereka begitu senang saat diajak ke taman bermain atau pasar malam. Tapi, seringkali mereka juga minta dibelikan mainan mahal yang hanya bisa diperoleh dengan mengajukan KTA tanpa kartu kredit. Oleh karena itu, agar tidak sembarangan memilih mainan, pertimbangkan hal-hal berikut.

1. Tingkat Kemananan Mainan

Mainan memang tidak untuk dimakan, tapi anak-anak sangat suka memasukkan mainannya ke dalam mulutnya. Jadi, penting bagi Anda untuk memperhatikan tingkat kemananan dari mainan yang akan Anda beli. Teliti sudut-sudutnya, apakah runcing dan membahayakan atau tidak. Perhatikan pula kemasannya apakah sudah standar SNI atau belum.

Nah, dengan KTA tanpa kartu kredit, Anda bisa membeli beberapa mainan berkualitas yang memang sesuai dengan usianya. Jangan memberinya mainan usia 3+ untuk batita meski mainan ini sudah berstandar SNI karena mainan tersebut lebih aman dimainkan anak usia di atas 3 tahun.

2. Fungsi Mainan

Usahakan untuk memilih mainan multifungsi sehingga bisa menstimulasi kecerdasan dan perkembangan otaknya. Contoh mainan yang bisa membuat anak Anda tumbuh menjadi pribadi yang supel, cerdas, dan kreatif di antaranya adalah bongkar pasang bangunan, lego (pilih yang potongannya agak besar), boneka jari (perlu pendampingan), dan lainnya.
Sedangkan untuk anak yang usianya mendekati 5 tahun dan di atasnya, Anda bisa memberikan tali atau jalinan karet untuk lompat tali. Permainan lompat tali juga bisa memaksimalkan pertumbuhan tulangnya sehingga membuatnya cepat tinggi.

3. Lihat Dulu Instruksinya

Setiap mainan biasanya disertai dengan instruksi penyusunan atau cara bermainnya. Dengan demikian, Anda bisa membantu mengarahkan si kecil dan ikut bermasin bersamanya. Instruksi juga penting agar Anda terhindar dari memilih mainan yang salah.

Misalnya, anak Anda masih sering menjatuhkan barang karena genggaman yang belum stabil, maka hindari memberi mainan dari kaca atau plastik yang mudah pecah saat jatuh. Pecahan ini jelas membahayakan si kecil jika sampai melukai tangan atau kakinya. Anda bisa menggunakan KTA tanpa kartu kredit untuk membeli mobil-mobilan, boneka, dan lainnya.

4. Kualitas dan Harga Mainan

Kualitas mainan biasnya berbanding lurus dengan harganya. Tapi, tidak sedikit mainan yang murah tapi juga berkualitas dan bersifat multiguna. Mengingat anak-anak masih suka menjatuhkan barang, memeluk, mencium, menjilat, hingga memasukkannya ke dalam mulut, Anda hanya harus menghindari mainan murah yang mengandung bahan berbahaya.

Mainan lainnya yang harus dihindari adalah mainan dengan sudut runcing, misalnya balok. Balok berkualitas yang diproduksi produsen terbaik biasanya memiliki sisi tumpul sehingga aman untuk dimainkan balita.

5. Frekuensi Pendampingan 

Saat hendak memilih mainan, Anda juga harus mempertimbangkan apakah bisa melakukan pendampingan saat mereka memainkan mainan tersebut. Pendampingan pertama sangat diperlukan untuk memberitahu bagaimana cara memainkannya. Dengan mainan yang dibeli dari KTA tanpa kartu kredit ini, Anda juga bisa beperan aktif dalam permainan.

Selanjutnya, setelah memastikan Anda memiliki waktu untuk mendampingi mereka bermain, arahkan pula bagaimana menjaga mainan tersebut agar awet. Lakukan bimbingan secara bertahap, seperti mencontohkan cara mengambil mainan yang baik dari kotak mainan dan merapikannya kembali setelah selesai bermain.

Jika tidak ada lagi yang perlu dirisaukan dari sebuah mainan, Anda bisa langsung membelinya. Perhatikan pula selera anak dan jika bukan termasuk anak yang rewal, bawa serta untuk memilih warnanya. Dengan KTA tanpa kartu kredit, Anda tidak hanya membuat si kecil senang tapi juga membuatnya kecerdasannya semakin berkembang.
Kastolani
Kastolani

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar