3 Penyebab Masuk Angin dan Cara Pencegahannya

Masuk angin bukanlah sebuah penyakit, tetapi suatu keadaan yang terjadi akibat kondisi tubuh yang kurang fit. Tidak heran ketika awal mula masuk angin sering dirasakan gejala flu dan pilek yang disebabkan karena beberapa faktor, seperti kena hujan, perut kembung dan lain-lain. Sebagai bahan wawasan untuk pencegahan, anda perlu mengetahui beberapa penyebab masuk angin seperti yang dipaparkan pada situs ini https://www.id.hansaplast.co.id/majalah/sports-and-activity/local/id/Masuk-Angin.

Dalam situs tersebut mengungkapkan beberapa penyebab masuk angin, diantaranya sebagai berikut:

1. Gaya hidup

Kurangnya perhatian terhadap kesehatan, kebanyakan orang tidak begitu mewaspadai gaya hidup yang kurang baik. Seperti halnya kerja lembur, pikiran stres, duduk saat bekerja terlalu lama, menyalakan AC berkepanjangan dan lain sebagainya. kebiasaan buruk tersebut dapat mempengaruhi kondisi tubuh menjadi lemah dan akhirnya munculah gejala masuk angin.

2. Cuaca

Faktor cuaca juga bisa mempengaruhi kondisi tubuh. Badan yang kurang fit serta kebiasaan memakai pakaian tipis, saat angin kencang  melanda tubuh pun akan terkena imbasnya.  Alhasil, gejala masuk angin seperti mual, pusing dan perut kembung akan dirasakan secara tiba – tiba.

3. Pola makan

Kebiasaan ibu rumah tangga selalu tidak memperhatikan pola makan setiap harinya. Bahkan keseringan mengkonsumsi cemilan seperti kacang – kacangan dan umbi – umbian dapat berujung pada munculnya gejala masuk angin akibat kandungan gas dari makanan tersebut. 

Dengan mengetahui penyebab – penyebab tersebut, kemungkinan besar mencegah masuk angin agar tidak terjadi bisa dimaksimalkan. Sebagai dasar pencegahannya, Anda bisa melakukan 3 hal berikut ini.

1. Atur gaya hidup dengan lebih baik

Biasakan untuk mengurangi porsi kerja malam agar tubuh menjadi segar bugar di pagi harinya. Sehingga berbagai gejala masuk angin pun tidak akan Anda alami.

2. Siapkan stamina tubuh saat cuaca buruk

Ketika cuaca buruk biasakan untuk mengenakan jaket dan rutin mengkonsumsi vitamin C agar sistem kekebalan tubuh bisa tetap terjaga

3. Atur pola makan secara rutin

Jangan biasakan makan tidak tepat waktu, karena hal tersebut sangat buruk untuk kesehatan tubuh. Atur pola makan secara rutin pagi, siang dan malam.

Ketika Anda mengalami masuk angin secara mendadak, pertolongan pertama yang harus Anda lakukan ialah gunakan koyo sachet merk hansaplast. Dengan begitu, tubuh akan lebih hangat karena sistem aliran darah yang semakin lancar.
Kastolani
Kastolani

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar